blog ekonomi syariah zakat wakaf kawafi
RSS icon Email icon Home icon
  • Biografi

    HENDRA KHOLID, lahir di Sarolangun Jambi 29 Juni 1977, Sejak tahun 2002 ia mulai berbagi ilmu dan pengalaman dengan menjadi dosen Ekonomi Syari’ah di Fakultas Syari’ah dan Hukum Universitas Islam Negeri “Syarif Hidayatullah” Jakarta dan beberapa perguruan tinggi Negeri dan Swasta lainnya diIndonesia s/d sekarang dan memasuki tahun 2004 beliaupun aktif berbagi ilmu dan pengalaman dengan para professor dan mahasiswa dibeberapa negara Asia Tenggara diantaranya dengan berkunjung kebeberapa perguruan Tinggi di Malaysia dan Singapura. Bahkan pada tahun 2007 beliaupun menyempatkan diri bersilaturahmi dan berbagi pikiran dengan para pakar Ekonomi Islam dunia  di IRTI IDB Jeddah termasuk  salah seorang diantara Prof.Dr. Umer Chapra yang karya-karyanya banyak dibaca dan dikagumi oleh para pejuang  ekonomi Islam di tanah air.

    Setelah nyantri 6 tahun di pesantren Wali Songo Ngabar Ponorogo Jawa Timur. Pada Tahun 1995 Ia melanjutkan S1 di Fakultas Syari’ah IAIRM Ngabar Ponorogo Jawa Timur dan dalam waktu tidak lama kurang lebih 4 tahun ia menyelesaikan S1 pada tahun 1999 dan pada tahun 2000 ia melanjutkan program PascaSarjana S2 di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta kosentrasi Ekonomi Islam dengan bahasan Tesis tentang Wakaf tunai dalam perspektif Fiqih dan Ekonomi Islam dan S2 diselesaikannya dalam waktu tidak lebih dari 2 tahun yaitu satu tahun delapan bulan tepatnya tahun 2002 dan setelah itu ia pun meneruskan program S3 di kampus dan kosentrasi yang sama dan pada pertengahan 2008 beliau pun dinyatakan lulus dan berhasil  mempertahankan disertasi tentang peran wakaf uang dalam penanggulangan kemiskinan di Indonesia dihadapan tim penguji yang dipimpin oleh Prof.Dr.Azyumardi Azra,MA, dan beberapa anggota tim penguji yaitu, Prof.Fathurrahman Djamil, MA, Prof.KH.Didin Hafidhudin,M.Sc, Prof.Ahmad Thib Raya,MA, Prof.Dr.Ahmad Rodoni,MA, dan Dr.Uswatun Hasanah,MA. Beliau pun tercatat sebagai seorang doktor diusia yang relatif muda yaitu saat usia beliau 30 tahun dan tak cukup sebatas doktor, saat ini beliaupun masih punya obsesi yaitu jika diberi Allah kesehatan dan umur panjang beliau ingin menjadi profesor diusia muda layaknya profesor-profesor muda lainnya yaitu melalui penemuan dan karya yang bermanpaat buat masyarakat.
    Sejak tahun 2002 dia aktif sebagai nara sumber wakaf diberbagai forum wakaf dan dia juga sebagai consultan wakaf yang sering diminta pendapatnya dalam sosialisasi wakaf uang dan pengembangan wakaf di Indonesia. Tidak puas hanya berbagi ilmu dan pengalaman kepada sesamanya tapi bang Hendra yang selalu akrab disapa oleh para mahasiswa UIN ini juga tidak segan dan malu bertanya, berguru bahkan mendapatkan masukan tentang bayak hal terutama wakaf dan ekonomi Islam dari bayak kalangan mulai dari mahasiswa, teman, senior, guru bahkan dari orangtuanya sendiri yang juga seorang pebisnis terkenal di daerah kelahiranya.

    This e-mail address is being protected from spam bots, you need JavaScript enabled to view it Banyak hal yang dibayangkan bang hendra saat perenunganya terutama berkaitan wakaf dan ia mengungkapkan bahwa masyarakat Indonesia dapat sejahtera tanpa mengharap bantuan pemerintah dan Luar negeri yaitu dengan memberdayakan wakaf melalui swadaya masyarakat muslim Indonesia dan dunia lainnya dengan cara menghimpun dana wakaf dari masyarakat kaya yang kemudian dikelola dan hasilnya dimanfaatkan untuk masyarakat miskin untuk menyejahterakan mereka. Semoga harapan itu menjadi sebuah kenyataan dan untuk mewujudkan ide-ide tentang wakaf dan kesejahteraan umat tersebut, pada pertengahan 2008 beliaupun dengan kawan-kawan lintas propesi menggagas komunitas wakaf Indonesia (KAWAFI) dan beliaupun saat ini diamanati untuk memimpin KAWAFI sebagai sebuah komunitas yang bergerak dalam sosialisasi, pemberdayaan, dan advokasi wakaf diIndonesia. Untuk bertukar informasi dan komunikasi tentang wakaf dan ekonomi Syariah lebih lanjut dapat melalui email : hk@hendrakholid.net   dan Hp. 08159814806